KARODAILY.id, Kabanjahe – Bupati Karo Brigjen Pol (P) Dr. dr. Antonius Ginting, Sp.OG., M.Kes, Jumat (25/04/2025) datangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo di jalan Veteran Kabanjahe.
Kedatangan Antonius erat kaitannya dengan laporan warga pada lambatnya pelayanan administrasi kependudukan.
Menurut Bupati Karo, laporan tersebut diterimanya melalui pesan WhatsApp dari warga. Disebutkan, pelapor mengadukan lambannya pihak Disdukcapil Karo dalam menyelesaikan pengurusan dokumen penting, seperti perubahan nama anak dalam kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran.
Dari informasi yang ia terima tambah Antonius, masyarakat yang mengadu tersebut telah dua kali datang ke kantor Disdukcapil namun belum mendapatkan kejelasan.
Dampak panjang dari tidak selesainya pengurusan dokumen kependudukan dimaksud sambung Antonius telah membuat proses pengurusan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk anaknya ikut tertunda.
“Saya merasa perlu turun langsung untuk melihat kebenaran informasi sekaligus melihat kondisi pelayanan di lapangan dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat,” ujar Bupati Karo.
Saat sidak, Antonius juga mendapati beberapa warga yang mengaku tiga hari mengurus dokumen kependudukan . Dari wawancara langsung yang dilakukan Antonius pada warga yang mengantri ditemukan ketidaksiapan pelayanan di Disdukcapil Karo.
Hal ini sebutnya tentu membutuhkan perbaikan sistem layanan yang lebih cepat dan efisien.
Dalam kesempatan sidak itu, Bupati Karo menekankan pentingnya penerapan sistem One Stop Service dan One Day Service.
Kedua model layanan diharapkan dapat berlangsung satu pintu yang memungkinkan masyarakat menyelesaikan urusan dokumen dalam satu hari.
“Saya ingin agar pelayanan dasar ini bisa selesai dalam sehari. Tapi ini hanya bisa tercapai jika masyarakat juga paham dan siap dengan persyaratan yang lengkap,” tegasnya.
Untuk itu, Antonius mendorong agar Disdukcapil Karo memasifkan sosialisasi agar masyarakat mengetahui persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum datang ke kantor Disdukcapil.
Sebaliknya, Bupati juga mengapresiasi Kepala Dinas Dukcapil beserta jajaran yang sedang melaksanakan program layanan lapangan di sejumlah Kecamatan, termasuk pada Jumat (25/04/2025) di Desa Sempa Jaya, Kecamatan Berastagi.
Program ini dianggap sebagai inovasi untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah terpencil.
“Pelayanan jemput bola merupakan inovasi yang sangat baik. Tapi kantor Disdukcapil tetap harus memberikan pelayanan maksimal dan terkoordinasi dengan baik,” tambahnya.
Bupati Karo di kesempatan itu juga meminta masyarakat untuk tidak segan melaporkan keluhan terkait layanan administrasi kependudukan melalui kanal Dukcapil Karo Menjawab di situs resmi https://www.lapor.go.id.
Ia berharap partisipasi aktif masyarakat akan mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
“Pelayanan yang cepat, tepat, ramah adalah hak setiap warga negara. Kita pastikan tidak ada lagi warga yang merasa kesulitan dalam pengurusan dokumen kependudukan,”pungkas Antonius.(karodaily/nanang).
© Copyright KARODAILY.id 2016-2025